Wacana (selalu diperbarui)

Rangkaian catatan ini menyajikan opini dan perspektif terkait topik tertentu. Untuk membaca artikel lengkap dalam format PDF, silakan klik tautan.

  1. Semangat Hidup Universitas sebagai Fondasi Kemajuan dan Inovasi yang Harus Dipupuk dengan Kebijaksanaan – 13 April 2025 [PDF]
  2. Universitas yang Belajar, Bukan Hanya Menghitung – 4 April 2025 [PDF]
  3. Mengapa Kita Perlu The Nusantara Philosophy Book – 3 April 2025 [PDF]
  4. Kebahagiaan Seorang Profesor – 2 April 2025 [PDF]
  5. Berpikir dalam Riset: Antara Ilusi yang Menyesatkan dan Ketidaktahuan yang Mencerahkan – 2 April 2025 [PDF]
  6. Media dan Kekuasaan: Ketika “Tuhan Kedua” Dibungkam – 1 April 2025 [PDF]
  7. Ketika Ghibli Dijiplak oleh AI: Seni yang Kehilangan Relasi Manusiawi – 1 April 2025 [PDF]
  8. Dua Jenis Ketidaktahuan dalam Riset: Kebodohan Relatif dan Kebodohan Mutlak – 31 Maret 2025 [PDF]
  9. Penelitian yang Sesungguhnya: Antara Ilmu, Niat, dan Keberanian Menyelam – 29 Maret 2025 [PDF]
  10. Korupsi di Indonesia: Antara Masa Lalu yang Belum Berlalu – 29 Maret 2025 [PDF]
  11. Memilih Pemimpin Akademik: Menemukan Sistem yang Mewakili Mutu dan Integritas – 27 Maret 2025 [PDF]
  12. Mengganti Kerangka Bahasa untuk Meningkatkan Mutu Riset dan Pendidikan Tinggi – 26 Maret 2025 [PDF]
  13. Belajar dari Swiss, Singapura, dan China: Bisakah Indonesia Bangun Sistem Pendidikan Berkualitas? – 23 Maret 2025 [PDF]
  14. Tiga Tahap Karir Akademik: Ketika Waktu, Uang, dan Energi Tak Pernah Bertemu – 22 Maret 2025 [PDF]
  15. Sistem 1: Perspektif Psikologis di Balik Konten Absurd TikTok – 22 Maret 2025 [PDF]
  16. Universitas Kita Masih di Tahap Birokratis Tradisional – 21 Maret 2025 [PDF]
  17. Model Kepemimpinan Universitas – 21 Maret 2025 [PDF]
  18. Ilusi Dialog: Mengapa Komunikasi di Universitas Justru Lebih Sulit? – 20 Maret 2025 [PDF]
  19. Antara Ideologi, Sifat Manusia, dan Godaan Iblis: Mengapa Keadilan Sulit Ditegakkan? – 20 Maret 2025 [PDF]
  20. Prinsip-prinsip Etika Keilmuan – 17 Maret 2025 [PDF]
  21. Menjaga Etika Keilmuan: Belajar dari Dialog dengan Iblis – 17 Maret 2025 [PDF]
  22. Institusi Inklusif: Jalan Utama Indonesia Menjadi Negara Maju – 17 Maret 2025 [PDF]
  23. Menerapkan Strategi Perang Sun Tzu untuk Memerangi Pelanggaran Etika Akademik di Universitas – 16 Maret 2025 [PDF]
  24. Ekonomi Indonesia di Bawah Pemerintahan Prabowo: Analisis dan Warisan Era Jokowi – 15 Maret 2025 [PDF]
  25. Perguruan Tinggi Indonesia dari Aspek Kriteria Keunggulan Akademik – 14 Maret 2025 [PDF]
  26. Etika Keilmuan dalam Pengambilan Keputusan Akademik – 10 Maret 2025 [PDF]
  27. Pentingnya Memahami Perkembangan Ilmu: Belajar dari Revisi Teori Psikopatologi Freud – 9 Maret 2025 [PDF]
  28. Otakmu Bekerja Keras? Begini Cara Kerja dan Energi yang Dihabiskannya! – 9 Maret 2025 [PDF]
  29. Riset Tanpa Arah: Ketika Ilmuwan Dipaksa Berlari di Tempat – 7 Maret 2025 [PDF]
  30. Peran Imajinasi dan Realitas dalam Riset Sains dan Rekayasa – 5 Maret 2025 [PDF]
  31. Peta Survival Peneliti Akademik Muda: Hukum dan Prinsip Kenaikan Akademik – 3 Maret 2025 [PDF]
  32. Transformasi Kepemimpinan Indonesia: Dari Stabilitas ke Realisme dalam Kebijakan Nasional – 12 Nopember 2024 [PDF]
  33. Intelektual dengan Übermensch – 29 Oktober 2024 [PDF]
  34. Apakah Langkah Mencapai World Class University (WCU) Sudah Tepat? – 29 September 2024 [PDF]
  35. Kategorisasi Status Ekonomi Perguruan Tinggi – 16 September 2024 [PDF]
  36. Etika yang Terdesak: Ketika Riset Ilmiah Dipaksakan dalam Tenggat Waktu yang Tidak Realistis – 13 September 2024 [PDF]
  37. Mengoptimalkan Pendidikan Indonesia: Strategi Berbasis Kapabilitas Manusia dan Kesejahteraan Finansial – 4 September 2024 [PDF]
  38. Perspektif Holistik dalam Riset-riset Pendidikan – 18 Agustus 2024 [PDF]
  39. Empat Reformasi yang Dibutuhkan Indonesia dalam Pendidikan Tinggi – 5 Agustus 2024 [PDF]
  40. Pandangan Mengenai Penghapusan Penjurusan di SMA – 23 Juli 2024 [PDF]
  41. Dinamika Akulturasi Setelah Pulang ke Indonesia – 9 Juni 2024 [PDF]  
  42. Pendidikan Itu Adalah Kepercayaan: Menumbuhkan Kepercayaan dalam Dunia Pendidikan – 6 Juni 2024 [PDF]
  43. Tantangan dan Dilema dalam Implementasi Indikator Kinerja Utama di Perguruan Tinggi: Sebuah Tinjauan Kritis – 30 Mei 2024 [PDF
  44. Menggali Akar Masalah: Pendidikan Tinggi Indonesia dalam Cengkeraman Keputusan Jangka Pendek – 24 Mei 2024 [PDF
  45. Menguji Kewibawaan Akademik Melalui Ujian Disertasi: Refleksi dan Praktik Terbaik – 24 Mei 2024 [PDF]
  46. Universitas Padat Mahasiswa: Ancaman Nyata bagi Kualitas Pendidikan – 23 Mei 2024 [PDF]
  47. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis: Tantangan di Perguruan Tinggi – 22 Mei 2024 [PDF]
  48. Mengelola Berita Negatif di Era Informasi – 20 Mei 2024 [PDF]
  49. Pendidikan Tinggi Bukan Sekadar Pilihan, Pemerintah Harus Bertanggung Jawab Atasi UKT Mahal – 19 Mei 2024 [PDF]
  50. Kepatutan Publikasi Ilmiah di Indonesia: Urgensi di Tengah Maraknya Kecurangan – 18 Mei 2024 [PDF]
  51. Pendidikan Tinggi di Indonesia: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif untuk Memenuhi Amanat Konstitusi – 16 Mei 2024 [PDF]   
  52. Transformasi Holistik dalam Pendidikan: Membangun Institusi yang Inovatif dan Berkelanjutan – 18 Maret 2024 [PDF]
  53. Pahlawan Pemikir: Warisan Intelektual untuk Indonesia Maju – 15 Mei 2024 [PDF
  54. Pandangan Tentang Kompleksitas Ilmu Sosial: Perspektif Seorang Dosen Pembimbing – 14 Mei 2024 [PDF]  
  55. Melampaui Kosmos: Menjelajahi Keberadaan, Sains, dan Spiritualitas – 13 Mei 2024 [PDF]  
  56. Kritik dan Kemerdekaan: Menimbang Ulang Kebebasan Berekspresi dan Tata Kelola Pendidikan Tinggi – 12 Mei 2024 [PDF]
  57. Dampak Kapitalisasi Ilmu Pengetahuan pada Pendidikan Tinggi: Analisis Sosiologi Pengetahuan – 11 Mei 2024 [PDF]
  58. Tata Kelola Pendidikan Tinggi: Menuju Keadilan dan Pengembangan Manusia – 10 Mei 2024 [PDF]
  59. Filsuf: Pencipta Ide atau Pendorong Logika? – 9 Mei 2024 [PDF]  
  60. Menguji Kewibawaan Akademik Melalui Ujian Disertasi: Refleksi dan Praktik Terbaik – 8 Mei 2024 [PDF]
  61. AI dan Keterbatasan Manusia: Mengapa Agama dan Filsafat Tetap Relevan – 7 Mei 2024 [PDF]
  62. Meningkatkan Keberdayaan Intelektual dengan Meniru Cara Berpikir Para Filsuf – 6 Mei 2024 [PDF]
  63. Membedah Multi-Dimensi Pembentukan Negara dan Alasan Perang: Sebuah Analisis – 5 Mei 2024 [PDF]
  64. Universitas yang Sudah Mapan: Berakar Kuat, Bebas dari Simbolisme Dangkal Pengakuan Eksternal – 28 April 2024 [PDF]
  65. Mencapai Universitas Unggul di Indonesia: Budaya, Strategi, dan Struktur – 27 April 2024 [PDF]
  66. Memperkaya Masa Depan Melalui Pendidikan Holistik: Wawasan dari Prof. Richard Robert Ernst – 26 April 2024 [PDF]
  67. Di Balik Angka: Mengevaluasi Kualitas Substantif Versus Pendekatan Superfisial dalam Pendidikan Tinggi – 25 April 2024 [PDF]
  68. Antara Keahlian dan Kredensial: Menggali Makna dan Misrepresentasi Gelar Profesional di Indonesia dan Jepang – 24 April 2024 [PDF]
  69. Kembali ke Akar: Meredefinisi Pendidikan untuk Melawan Keserakahan – 23 April 2024 [PDF]
  70. Memahami Pendidikan dan Iptek Melalui Lensa Sejarah: Studi Kasus Majapahit dan Oxford – 22 April 2024 [PDF]
  71. Media Sebagai Dewa: Perspektif tentang Pengaruh dan Bahaya Kepemilikan Media dalam Politik – 21 April 2024 [PDF]
  72. Melampaui Metrik: Membangun Perspektif Baru dalam Evaluasi Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi – 20 April 2024 [PDF]
  73. Klasifikasi Universitas dan Karakteristiknya – 19 April 2024 [PDF]    
  74. Strata Sosial dan Taksonomi Universitas: Refleksi Konteks Pendidikan Tinggi – 18 April 2024 [PDF]
  75. Prinsip Kepatutan dalam Publikasi Akademik: Standar Etika dan Integritas – 17 April 2024 [PDF]
  76. Analisis Konflik Proksi Iran-Israel: Perspektif Ideologis, Geopolitik, dan Filosofis – 16 April 2024 [PDF]
  77. Di Balik Angka: Refleksi tentang Pemeringkatan Universitas dan Esensi Pendidikan – 12 April 2024 [PDF]
  78. Apa Tujuan Utama Pendidikan Tinggi? – 11 April 2024 [PDF]
  79. Mengatasi Prestasi Semu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Indonesia – 9 April 2024 [PDF]
  80. Rasio dan Emosi: Pelajaran dari Ruang Sidang – 8 April 2024 [PDF]
  81. Pencarian Makna Hidup dalam Dunia Modern: Peran Psikologi dan Filsafat – 7 April 2024 [PDF]
  82. Kebijaksanaan dalam Memilih Sistem: Pelajaran dari Popper dan Plato untuk Politik Modern – 6 April 2024 [PDF]
  83. Demokrasi vs Otoritarianisme: Menelusuri Kepemimpinan Ideal dalam Paradoks Kepolitikan – 5 April 2024 [PDF]
  84. Mengatasi Noise dan Bias dalam Zaman Post-Truth: Penguatan Berpikir Kritis Melalui Pendidikan Tinggi – 4 April 2024 [PDF]
  85. Mempelajari Sejarah dengan Lensa Kritis: Sebuah Pendekatan Filosofis Terhadap Dekolonisasi Pengetahuan – 3 April 2024 [PDF]
  86. Revitalisasi Adab dan Hikmah dalam Pendidikan Tinggi: Strategi, Struktur, dan Budaya untuk Masa Depan yang Beretika – 2 April 2024 [PDF]
  87. Menavigasi Kehidupan: Prinsip Kebebasan, Kritikalitas, dan Adaptivitas – 6 April 2024 [PDF]
  88. Memilih Jalan Berat untuk Masa Depan Cerah: Kualitas versus Kuantitas dalam Pendidikan Tinggi – 1 April 2024 [PDF]      
  89. Menghindari Jalan Pintas dalam Pendidikan Tinggi: Integritas sebagai Pondasi Keberhasilan – 31 Maret 2024 [PDF]   
  90. Antara Ambisi dan Suara Rakyat: Merenungkan Gugatan Pemilu – 30 Maret 2024 [PDF]  
  91. Dinamika Islam dan Sekularisme: Sebuah Analisis Ringkas – 29 Maret 2024 [PDF]   
  92. Mengejar Bayangan Prestasi: Semiotika dan Kritik Filosofis terhadap Metrik dalam Publikasi Ilmiah di Indonesia – 28 Maret 2024 [PDF
  93. Evolusi Ilmu: Dari Mekanik ke AI, Perjalanan Pengetahuan Manusia dalam Sorotan Filsafat – 27 Maret 2024 [PDF
  94. Prinsip-prinsip Numerik Pythagoras – 26 Maret 2024 [PDF]  
  95. Memahami Perbedaan Budaya Riset Tinggi dan Rendah: Strategi untuk Perkembangan Ilmu Pengetahuan – 25 Maret 2024 [PDF]   
  96. Menelusuri Kerumitan Birokrasi: Menemukan Keseimbangan antara Efisiensi dan Humanitas dalam Pendidikan Tinggi Indonesia – 24 Maret 2024 [PDF
  97. Pendidikan sebagai Alat Pembebasan atau Komoditas? Sebuah Analisis Kritis terhadap Pengkelasan dalam Sistem Pendidikan – 23 Maret 2024 [PDF]
  98. Ekonomisasi Sains: Risiko Dehumanisasi dalam Pendidikan dan Penelitian Ilmiah – 23 Maret 2024 [PDF]  
  99. Melampaui Ranking: Mencari Makna dan Kedalaman dalam Pendidikan Tinggi – 22 Maret 2024 [PDF
  100. Uang adalah Ilusi – 21 Maret 2024 [PDF]  
  101. Metafisika Kebudayaan Noam Chomsky – 11 Maret 2024 [PDF]
  102. Metafisika Kebudayaan Aristoteles – 10 Maret 2024 [PDF]  
  103. Metafisika Kebudayaan Plato – 9 Maret 2024 [PDF]