Wacana (selalu diperbarui)

Rangkaian catatan ini menyajikan opini dan perspektif terkait topik tertentu. Untuk membaca artikel lengkap dalam format PDF, silakan klik tautan.

  1. Penerapan Konsep “Broken Windows” di Universitas – 27 April 2025 [PDF]
  2. Ilusi Keberhasilkan dalam Penelitian – 27 April 2025 [PDF]
  3. Peringkat Global dan Ilusi Kemajuan Akademik – 24 April 2025 [PDF]
  4. Mendefinisikan untuk Memaknai – 24 April 2025 [PDF]
  5. Semangat Hidup Universitas sebagai Fondasi Kemajuan dan Inovasi yang Harus Dipupuk dengan Kebijaksanaan – 13 April 2025 [PDF]
  6. Universitas yang Belajar, Bukan Hanya Menghitung – 4 April 2025 [PDF]
  7. Mengapa Kita Perlu The Nusantara Philosophy Book – 3 April 2025 [PDF]
  8. Kebahagiaan Seorang Profesor – 2 April 2025 [PDF]
  9. Berpikir dalam Riset: Antara Ilusi yang Menyesatkan dan Ketidaktahuan yang Mencerahkan – 2 April 2025 [PDF]
  10. Media dan Kekuasaan: Ketika “Tuhan Kedua” Dibungkam – 1 April 2025 [PDF]
  11. Ketika Ghibli Dijiplak oleh AI: Seni yang Kehilangan Relasi Manusiawi – 1 April 2025 [PDF]
  12. Dua Jenis Ketidaktahuan dalam Riset: Kebodohan Relatif dan Kebodohan Mutlak – 31 Maret 2025 [PDF]
  13. Penelitian yang Sesungguhnya: Antara Ilmu, Niat, dan Keberanian Menyelam – 29 Maret 2025 [PDF]
  14. Korupsi di Indonesia: Antara Masa Lalu yang Belum Berlalu – 29 Maret 2025 [PDF]
  15. Memilih Pemimpin Akademik: Menemukan Sistem yang Mewakili Mutu dan Integritas – 27 Maret 2025 [PDF]
  16. Mengganti Kerangka Bahasa untuk Meningkatkan Mutu Riset dan Pendidikan Tinggi – 26 Maret 2025 [PDF]
  17. Belajar dari Swiss, Singapura, dan China: Bisakah Indonesia Bangun Sistem Pendidikan Berkualitas? – 23 Maret 2025 [PDF]
  18. Tiga Tahap Karir Akademik: Ketika Waktu, Uang, dan Energi Tak Pernah Bertemu – 22 Maret 2025 [PDF]
  19. Sistem 1: Perspektif Psikologis di Balik Konten Absurd TikTok – 22 Maret 2025 [PDF]
  20. Universitas Kita Masih di Tahap Birokratis Tradisional – 21 Maret 2025 [PDF]
  21. Model Kepemimpinan Universitas – 21 Maret 2025 [PDF]
  22. Ilusi Dialog: Mengapa Komunikasi di Universitas Justru Lebih Sulit? – 20 Maret 2025 [PDF]
  23. Antara Ideologi, Sifat Manusia, dan Godaan Iblis: Mengapa Keadilan Sulit Ditegakkan? – 20 Maret 2025 [PDF]
  24. Prinsip-prinsip Etika Keilmuan – 17 Maret 2025 [PDF]
  25. Menjaga Etika Keilmuan: Belajar dari Dialog dengan Iblis – 17 Maret 2025 [PDF]
  26. Institusi Inklusif: Jalan Utama Indonesia Menjadi Negara Maju – 17 Maret 2025 [PDF]
  27. Menerapkan Strategi Perang Sun Tzu untuk Memerangi Pelanggaran Etika Akademik di Universitas – 16 Maret 2025 [PDF]
  28. Ekonomi Indonesia di Bawah Pemerintahan Prabowo: Analisis dan Warisan Era Jokowi – 15 Maret 2025 [PDF]
  29. Perguruan Tinggi Indonesia dari Aspek Kriteria Keunggulan Akademik – 14 Maret 2025 [PDF]
  30. Etika Keilmuan dalam Pengambilan Keputusan Akademik – 10 Maret 2025 [PDF]
  31. Pentingnya Memahami Perkembangan Ilmu: Belajar dari Revisi Teori Psikopatologi Freud – 9 Maret 2025 [PDF]
  32. Otakmu Bekerja Keras? Begini Cara Kerja dan Energi yang Dihabiskannya! – 9 Maret 2025 [PDF]
  33. Riset Tanpa Arah: Ketika Ilmuwan Dipaksa Berlari di Tempat – 7 Maret 2025 [PDF]
  34. Peran Imajinasi dan Realitas dalam Riset Sains dan Rekayasa – 5 Maret 2025 [PDF]
  35. Peta Survival Peneliti Akademik Muda: Hukum dan Prinsip Kenaikan Akademik – 3 Maret 2025 [PDF]
  36. Transformasi Kepemimpinan Indonesia: Dari Stabilitas ke Realisme dalam Kebijakan Nasional – 12 Nopember 2024 [PDF]
  37. Intelektual dengan Übermensch – 29 Oktober 2024 [PDF]
  38. Apakah Langkah Mencapai World Class University (WCU) Sudah Tepat? – 29 September 2024 [PDF]
  39. Kategorisasi Status Ekonomi Perguruan Tinggi – 16 September 2024 [PDF]
  40. Etika yang Terdesak: Ketika Riset Ilmiah Dipaksakan dalam Tenggat Waktu yang Tidak Realistis – 13 September 2024 [PDF]
  41. Mengoptimalkan Pendidikan Indonesia: Strategi Berbasis Kapabilitas Manusia dan Kesejahteraan Finansial – 4 September 2024 [PDF]
  42. Perspektif Holistik dalam Riset-riset Pendidikan – 18 Agustus 2024 [PDF]
  43. Empat Reformasi yang Dibutuhkan Indonesia dalam Pendidikan Tinggi – 5 Agustus 2024 [PDF]
  44. Pandangan Mengenai Penghapusan Penjurusan di SMA – 23 Juli 2024 [PDF]
  45. Dinamika Akulturasi Setelah Pulang ke Indonesia – 9 Juni 2024 [PDF]  
  46. Pendidikan Itu Adalah Kepercayaan: Menumbuhkan Kepercayaan dalam Dunia Pendidikan – 6 Juni 2024 [PDF]
  47. Tantangan dan Dilema dalam Implementasi Indikator Kinerja Utama di Perguruan Tinggi: Sebuah Tinjauan Kritis – 30 Mei 2024 [PDF
  48. Menggali Akar Masalah: Pendidikan Tinggi Indonesia dalam Cengkeraman Keputusan Jangka Pendek – 24 Mei 2024 [PDF
  49. Menguji Kewibawaan Akademik Melalui Ujian Disertasi: Refleksi dan Praktik Terbaik – 24 Mei 2024 [PDF]
  50. Universitas Padat Mahasiswa: Ancaman Nyata bagi Kualitas Pendidikan – 23 Mei 2024 [PDF]
  51. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis: Tantangan di Perguruan Tinggi – 22 Mei 2024 [PDF]
  52. Mengelola Berita Negatif di Era Informasi – 20 Mei 2024 [PDF]
  53. Pendidikan Tinggi Bukan Sekadar Pilihan, Pemerintah Harus Bertanggung Jawab Atasi UKT Mahal – 19 Mei 2024 [PDF]
  54. Kepatutan Publikasi Ilmiah di Indonesia: Urgensi di Tengah Maraknya Kecurangan – 18 Mei 2024 [PDF]
  55. Pendidikan Tinggi di Indonesia: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif untuk Memenuhi Amanat Konstitusi – 16 Mei 2024 [PDF]
  56. Transformasi Holistik dalam Pendidikan: Membangun Institusi yang Inovatif dan Berkelanjutan – 18 Maret 2024 [PDF]
  57. Pahlawan Pemikir: Warisan Intelektual untuk Indonesia Maju – 15 Mei 2024 [PDF
  58. Pandangan Tentang Kompleksitas Ilmu Sosial: Perspektif Seorang Dosen Pembimbing – 14 Mei 2024 [PDF]  
  59. Melampaui Kosmos: Menjelajahi Keberadaan, Sains, dan Spiritualitas – 13 Mei 2024 [PDF]  
  60. Kritik dan Kemerdekaan: Menimbang Ulang Kebebasan Berekspresi dan Tata Kelola Pendidikan Tinggi – 12 Mei 2024 [PDF]
  61. Dampak Kapitalisasi Ilmu Pengetahuan pada Pendidikan Tinggi: Analisis Sosiologi Pengetahuan – 11 Mei 2024 [PDF]
  62. Tata Kelola Pendidikan Tinggi: Menuju Keadilan dan Pengembangan Manusia – 10 Mei 2024 [PDF]
  63. Filsuf: Pencipta Ide atau Pendorong Logika? – 9 Mei 2024 [PDF]  
  64. Menguji Kewibawaan Akademik Melalui Ujian Disertasi: Refleksi dan Praktik Terbaik – 8 Mei 2024 [PDF]
  65. AI dan Keterbatasan Manusia: Mengapa Agama dan Filsafat Tetap Relevan – 7 Mei 2024 [PDF]
  66. Meningkatkan Keberdayaan Intelektual dengan Meniru Cara Berpikir Para Filsuf – 6 Mei 2024 [PDF]
  67. Membedah Multi-Dimensi Pembentukan Negara dan Alasan Perang: Sebuah Analisis – 5 Mei 2024 [PDF]
  68. Universitas yang Sudah Mapan: Berakar Kuat, Bebas dari Simbolisme Dangkal Pengakuan Eksternal – 28 April 2024 [PDF]
  69. Mencapai Universitas Unggul di Indonesia: Budaya, Strategi, dan Struktur – 27 April 2024 [PDF]
  70. Memperkaya Masa Depan Melalui Pendidikan Holistik: Wawasan dari Prof. Richard Robert Ernst – 26 April 2024 [PDF]
  71. Di Balik Angka: Mengevaluasi Kualitas Substantif Versus Pendekatan Superfisial dalam Pendidikan Tinggi – 25 April 2024 [PDF]
  72. Antara Keahlian dan Kredensial: Menggali Makna dan Misrepresentasi Gelar Profesional di Indonesia dan Jepang – 24 April 2024 [PDF]
  73. Kembali ke Akar: Meredefinisi Pendidikan untuk Melawan Keserakahan – 23 April 2024 [PDF]
  74. Memahami Pendidikan dan Iptek Melalui Lensa Sejarah: Studi Kasus Majapahit dan Oxford – 22 April 2024 [PDF]
  75. Media Sebagai Dewa: Perspektif tentang Pengaruh dan Bahaya Kepemilikan Media dalam Politik – 21 April 2024 [PDF]
  76. Melampaui Metrik: Membangun Perspektif Baru dalam Evaluasi Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi – 20 April 2024 [PDF]
  77. Klasifikasi Universitas dan Karakteristiknya – 19 April 2024 [PDF]
  78. Strata Sosial dan Taksonomi Universitas: Refleksi Konteks Pendidikan Tinggi – 18 April 2024 [PDF]
  79. Prinsip Kepatutan dalam Publikasi Akademik: Standar Etika dan Integritas – 17 April 2024 [PDF]
  80. Di Balik Angka: Refleksi tentang Pemeringkatan Universitas dan Esensi Pendidikan – 12 April 2024 [PDF]
  81. Apa Tujuan Utama Pendidikan Tinggi? – 11 April 2024 [PDF]
  82. Mengatasi Prestasi Semu untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Indonesia – 9 April 2024 [PDF]
  83. Kebijaksanaan dalam Memilih Sistem: Pelajaran dari Popper dan Plato untuk Politik Modern – 6 April 2024 [PDF]
  84. Demokrasi vs Otoritarianisme: Menelusuri Kepemimpinan Ideal dalam Paradoks Kepolitikan – 5 April 2024 [PDF]
  85. Mengatasi Noise dan Bias dalam Zaman Post-Truth: Penguatan Berpikir Kritis Melalui Pendidikan Tinggi – 4 April 2024 [PDF]
  86. Mempelajari Sejarah dengan Lensa Kritis: Sebuah Pendekatan Filosofis Terhadap Dekolonisasi Pengetahuan – 3 April 2024 [PDF]
  87. Revitalisasi Adab dan Hikmah dalam Pendidikan Tinggi: Strategi, Struktur, dan Budaya untuk Masa Depan yang Beretika – 2 April 2024 [PDF]
  88. Menavigasi Kehidupan: Prinsip Kebebasan, Kritikalitas, dan Adaptivitas – 6 April 2024 [PDF]
  89. Memilih Jalan Berat untuk Masa Depan Cerah: Kualitas versus Kuantitas dalam Pendidikan Tinggi – 1 April 2024 [PDF]      
  90. Menghindari Jalan Pintas dalam Pendidikan Tinggi: Integritas sebagai Pondasi Keberhasilan – 31 Maret 2024 [PDF]     
  91. Mengejar Bayangan Prestasi: Semiotika dan Kritik Filosofis terhadap Metrik dalam Publikasi Ilmiah di Indonesia – 28 Maret 2024 [PDF
  92. Evolusi Ilmu: Dari Mekanik ke AI, Perjalanan Pengetahuan Manusia dalam Sorotan Filsafat – 27 Maret 2024 [PDF
  93. Prinsip-prinsip Numerik Pythagoras – 26 Maret 2024 [PDF]  
  94. Memahami Perbedaan Budaya Riset Tinggi dan Rendah: Strategi untuk Perkembangan Ilmu Pengetahuan – 25 Maret 2024 [PDF]   
  95. Menelusuri Kerumitan Birokrasi: Menemukan Keseimbangan antara Efisiensi dan Humanitas dalam Pendidikan Tinggi Indonesia – 24 Maret 2024 [PDF
  96. Pendidikan sebagai Alat Pembebasan atau Komoditas? Sebuah Analisis Kritis terhadap Pengkelasan dalam Sistem Pendidikan – 23 Maret 2024 [PDF]   
  97. Ekonomisasi Sains: Risiko Dehumanisasi dalam Pendidikan dan Penelitian Ilmiah – 23 Maret 2024 [PDF]  
  98. Melampaui Ranking: Mencari Makna dan Kedalaman dalam Pendidikan Tinggi – 22 Maret 2024 [PDF