Mengenal saya

“Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat, anugerahkan kedamaian dan kemakmuran bagi semua, dan tunjukkanlah kami jalan yang lurus.”

To view this website in English, click here to explore further.

Saya, Hadi Nur (profil lengkap saya dapat dilihat di https://hadinur.net), merupakan dosen di Universitas Negeri Malang (UM) sejak tahun 2022. Melalui situs ini, saya ingin berbagi tentang kegiatan dan pemikiran saya. Saya tidak mengklaim bahwa tulisan-tulisan tersebut merupakan karya orisinal, dan hampir semua adalah tulisan iseng dan santai.

Saya lahir pada tahun 1969 dengan spesialisasi dalam bidang material sains. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam bidang kimia pada tahun 1992. Kemudian, saya menyelesaikan S2 di bidang teknik material pada tahun 1995. Setelah itu, saya melanjutkan studi di Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Saya lulus Ph.D. dalam kimia zeolit pada tahun 1998. Saya mengawali karier postdoctoral di UTM dan Hokkaido University, Jepang sebagai postdoc JSPS (Japan Society for the Promotion of Science), dan pernah menjadi peneliti tamu di Helmholtz-Zentrum Berlin, Jerman dengan beasiswa DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst). Sejak 2002 hingga 2022, saya berkarier di UTM hingga mencapai posisi Profesor. Pada tahun 2017, saya menjadi adjunct professor di Universitas Negeri Malang (UM). Pada 2022, saya berpindah penuh ke UM sebagai Profesor. Saya juga pernah menjabat sebagai Guest Professor di Osaka University. Saya juga menjabat sebagai Adjunct Professor di UTM dari tahun 2022 sampai sekarang. Saya juga Kepala Laboratorium Terpadu di UM dari 2022 sampai sekarang.

Foto dengan toga Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan rentang waktu 22 tahun, lulus Ph.D. tahun 1998 (foto dengan toga tahun 1999). Dilantik menjadi profesor tahun 2010 (foto dengan toga tahun 2011). Foto terakhir tahun 2021.
Syarahan perdana sebagai profesor Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada tahun 2011. Ini terjadi satu tahun setelah diangkat sebagai profesor di UTM pada tahun 2010.
Penganugerahan adjunct professor oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2017.
Pengukuhan sebagai Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2022.

Bersyukurlah, bukan kita yang hebat, tetapi karena Allah SWT memudahkan urusan kita.

Tulisan ini terakhir diperbarui pada 3 September 2024.