Blog dan saya

Saya Hadi Nur, dosen di Universitas Negeri Malang (UM) sejak tahun 2022. Pengalaman saya mengajar dan melakukan penelitian ilmiah membuka perspektif lain dalam hidup saya. Saya ingin berbagi apa yang saya lakukan dan pikirkan melalui situs ini. Tulisan-tulisan dalam blog ini dikategorikan kepada hikmah kehidupan, pendidikan, riset, akhlak, pengalaman, ceramah dan informasi. Tidak pernah ada klaim bahwa tulisan-tulisan ini adalah karya orisinal. Saya pernah memberikan ceramah mengenai blog dan website untuk dosen di Universitas Negeri Malang pada tanggal 18 April 2022. Dalam ceramah ini saya berbagi tentang pengalaman saya menulis blog sejak tahun 1999.

Saya lahir pada tahun 1969. Spesialisasi saya adalah dalam bidang material maju dan katalisis heterogen. Bidang utama saya dalam studi sarjana dan pascasarjana adalah di bidang kimia dan teknik material di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saya memperoleh S.Si. dan M.T. (cum laude) masing-masing pada tahun 1992 dan 1995. Tak lama setelah itu, saya melanjutkan studi pascasarjana di bidang kimia zeolit di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), dan menerima gelar Ph.D. pada tahun 1998. Studi postdoctoral saya dimulai dengan satu tahun sebagai UTM Postdoctoral Fellow dan dua tahun sebagai Japan Society for Promotion of Science (JSPS) Postdoctoral Fellow di Catalysis Research Center (CRC), Hokkaido University, Sapporo, Jepang. Saya melanjutkan bekerja di sana sebagai Center of Excellence (COE) Visiting Researcher di CRC selama setengah tahun. Pada Mei 2002, saya bergabung dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Saya adalah ilmuwan tamu di Institute for Heterogeneous Materials Systems, Helmholtz-Zentrum Berlin for Materials Energy (HZB), Jerman, dari Juli hingga September 2015. Dari 2002 hingga 2022, saya bekerja di Universiti Teknologi Malaysia (UTM), dimulai sebagai peneliti (1 tahun), pensyarah (5 tahun 5 bulan), Associate Professor (2 tahun) dan Profesor (11 tahun 7 bulan).

Foto dengan toga Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan rentang waktu 22 tahun, lulus Ph.D. tahun 1998 (foto dengan toga tahun 1999), dilantik menjadi profesor tahun 2010 (foto dengan toga tahun 2011), dan foto terakhir tahun 2021.
Penganugerahan adjunct professor oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2017.

Pada tahun 2017, saya dianugerahkan sebagai adjunct professor oleh Universitas Negeri Malang (UM). Setelah lima tahun sebagai adjunct professor, tahun 2022 saya pindah ke UM setelah menerima keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi Republik Indonesia nomor 80896/MPK.A/KP.05.01/2021 yang ditandatangani oleh Nadiem Anwar Makarim tentang penyetaraan jabatan akademik dosen. Saat ini saya adalah Profesor, Pembina Utama Madya (IV/d), di Universitas Negeri Malang (UM).

Bersyukurlah, bukan kita yang hebat, tetapi karena Allah SWT memudahkan urusan kita.