Mengenal saya, Hadi Nur

Saya, Hadi Nur (profil lengkap saya dapat dilihat di https://hadinur.net), merupakan dosen di Universitas Negeri Malang (UM) sejak tahun 2022. Berkat pengalaman mengajar, melakukan penelitian ilmiah, bergaul, dan menjadi pengamat kritis kehidupan, saya mendapatkan perspektif baru dalam hidup. Melalui situs ini, saya ingin berbagi tentang kegiatan dan pemikiran saya. Tulisan-tulisan dalam blog ini terkategorisasi ke dalam hikmah kehidupan, pendidikan, riset, akhlak, pengalaman, ceramah dan informasi. Saya tidak mengklaim bahwa tulisan-tulisan tersebut merupakan karya orisinal. Pada tanggal 18 April 2022, saya pernah memberikan ceramah mengenai blog dan website kepada para dosen di Universitas Negeri Malang. Dalam ceramah tersebut, saya berbagi tentang pengalaman saya dalam menulis blog sejak tahun 1999.

Saya lahir pada tahun 1969 dan memiliki spesialisasi dalam bidang material maju serta katalisis heterogen. Pendidikan sarjana dan pascasarjana saya di bidang kimia dan teknik material dilakukan di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1992 dan 1995, saya berhasil memperoleh gelar S.Si. dan M.T. (cum laude dan alumni pertama dari program ini) secara berturut-turut. Setelah itu, saya melanjutkan studi pascasarjana dalam bidang kimia zeolit di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan memperoleh gelar Ph.D. pada tahun 1998.

Studi postdoctoral saya dimulai dengan menghabiskan satu tahun sebagai UTM Postdoctoral Fellow, diikuti oleh dua tahun sebagai Japan Society for Promotion of Science (JSPS) Postdoctoral Fellow di Catalysis Research Center (CRC), Hokkaido University, Sapporo, Jepang. Kemudian, saya melanjutkan bekerja sebagai Center of Excellence (COE) Visiting Researcher di CRC selama enam bulan.

Pada Mei 2002, saya bergabung dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Saya pernah menjadi ilmuwan tamu di Institute for Heterogeneous Materials Systems, Helmholtz-Zentrum Berlin for Materials and Energy (HZB), Jerman, dari Juli hingga September 2015. Dari tahun 2002 hingga 2022, saya bekerja di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan berbagai posisi, mulai dari peneliti (1 tahun), pensyarah (5 tahun 5 bulan), Associate Professor (2 tahun), hingga Profesor (11 tahun 7 bulan).

Foto dengan toga Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan rentang waktu 22 tahun, lulus Ph.D. tahun 1998 (foto dengan toga tahun 1999), dilantik menjadi profesor tahun 2010 (foto dengan toga tahun 2011), dan foto terakhir tahun 2021.
Penganugerahan adjunct professor oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2017.
Pengukuhan sebagai Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2022.

Pada tahun 2017, saya dianugerahi gelar adjunct professor oleh Universitas Negeri Malang (UM). Setelah lima tahun menjabat sebagai adjunct professor, pada tahun 2022 saya pindah ke UM berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia nomor 80896/MPK.A/KP.05.01/2021 yang ditandatangani oleh Nadiem Anwar Makarim mengenai penyetaraan jabatan akademik dosen. Kini, saya menjabat sebagai Profesor dan Pembina Utama Madya (IV/d) di Universitas Negeri Malang (UM).

Pada tahun 2022, setelah menjadi dosen UM, saya diberi kesempatan untuk mengeksplorasi peran baru di beberapa institusi terkemuka. Saya dianugerahi posisi sebagai Guest Professor di Graduate School of Engineering Science, Osaka University, Jepang. Selain itu, saya juga ditunjuk sebagai Kepala Laboratorium Terpadu di Universitas Negeri Malang, Indonesia. Saya juga diberi kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Adjunct Professor di Faculty of Science, Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Bersyukurlah, bukan kita yang hebat, tetapi karena Allah SWT memudahkan urusan kita.