Prof. Michio Matsumura

Kali ini saya menulis mengenai seorang ilmuwan dari Osaka University yang saya kenal sejak tahun 2006 yang sudah pensiun sejak delapan tahun yang lalu (2014). Beliau adalah Prof. Michio Matsumura, mantan Profesor dan Direktur Research Center for Solar Energy Chemistry, Osaka University. Saya mengenal beliau karena teman saya, Shigeru Ikeda (sekarang profesor di Konan University), pada waktu itu adalah associate professor di laboratorium beliau di Osaka University.

Pada tahun 2006, saya mengundang beliau ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) sebagai keynote speaker di Annual Fundamental Science Seminar (AFSS) yang diorganisir oleh Ibnu Sina Institute for Fundamental Science Studies, UTM. Ini adalah pertama kali beliau datang ke Malaysia, dan beliau langsung tertarik bekerjasama dengan UTM, sehingga MoU antara Graduate School of Engineering Science, Osaka University dan UTM ditandatangani pada tahun 2008. MoU tersebut masih aktif sampai sekarang setelah disambung beberapa kali.

Sejak MoU ditandatangani, mulailah Graduate School of Engineering Science, Osaka University, melalui Prof. Matsumura, mengirimkan profesor mereka hampir setiap tahun ke UTM. Prof. Matsumura juga telah menerima mahasiswa M.Sc. saya, Yun Hau Ng (sekarang associate professor di City University of Hong Kong) sebagai mahasiswa Ph.D. beliau di Osaka University.