Prof. Michio Matsumura

Artikel ini ditulis tentang seorang ilmuwan dari Osaka University yang saya kenal sejak 2006, yang telah pensiun sejak tahun 2014. Beliau adalah Prof. Michio Matsumura, mantan Profesor dan Direktur Research Center for Solar Energy Chemistry, Osaka University. Saya diperkenalkan kepada beliau oleh sahabat saya, Prof. Shigeru Ikeda, yang saat itu adalah associate professor di laboratorium beliau di Osaka University dan sekarang menjadi profesor di Konan University.

Pada tahun 2006, saya mengundang Prof. Matsumura ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM) sebagai keynote speaker dalam Annual Fundamental Science Seminar (AFSS), acara yang diorganisir oleh Ibnu Sina Institute for Fundamental Science Studies, UTM. Itu adalah kunjungan pertama beliau ke Malaysia, dan beliau langsung tertarik untuk berkolaborasi dengan UTM. Akhirnya, sebuah MoU antara Graduate School of Engineering Science, Osaka University dan UTM ditandatangani pada tahun 2008. Sejak itu saya dan beliau menjadi koordinator untuk kerjasama ini. MoU tersebut masih berlaku hingga saat ini dan telah diperbarui beberapa kali.

Sejak penandatanganan MoU tersebut, Graduate School of Engineering Science, Osaka University, melalui Prof. Matsumura, telah mengirimkan profesor mereka hampir setiap tahun ke UTM. Prof. Matsumura juga telah menerima salah satu mahasiswa M.Sc. saya, Yun Hau Ng (sekarang profesor di City University of Hong Kong) sebagai mahasiswa Ph.D. beliau di Osaka University.

Dengan adanya pertemanan yang telah lama terjalin ini, saya kini diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Guest Professor di Graduate School of Engineering Science, Osaka University. Saat ini, sudah ada enam dosen dari UTM yang telah meraih Ph.D. dari Graduate School of Engineering Science, Osaka University. Selain itu, ada satu dosen dari Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang menempuh program Ph.D., dan dua dosen lainnya akan berangkat ke Osaka pada bulan Oktober tahun ini.

Mudah-mudahan pertemanan ini dapat langgeng!