Sejak bergabung dengan Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun 2022, saya mulai mendapat tugas untuk menjadi ko-promotor mahasiswa S3 di bidang pendidikan. Meskipun latar belakang akademik saya di bidang kimia material, saya menerima tanggung jawab baru ini dengan antusias. Salah satu mahasiswa yang saya bimbing adalah M. Eval Setiawan, mahasiswa S3 Pendidikan Biologi yang sedang meneliti pendidikan kewirausahaan.
Setelah berdiskusi intensif dengan Eval, saya melihat bahwa topik penelitiannya memiliki potensi besar untuk dieksplorasi lebih dalam. Kami berdiskusi tentang berbagai pendekatan, dan akhirnya kami sepakat untuk mengembangkan penelitian ini dengan jalur kualitatif. Kami percaya pendekatan ini memungkinkan penggalian data yang lebih kaya dan mendalam. Dalam proses diskusi, muncul ide untuk mempertimbangkan penggunaan fuzzy logic analysis guna mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang memengaruhi pembelajaran kewirausahaan, seperti kurikulum, sistem pendukung universitas, dan elemen-elemen lainnya. Pendekatan fuzzy logic ini kami harapkan dapat membantu memetakan dan menganalisis hubungan kompleks antar faktor secara lebih sistematis.
Eval menyambut baik ide ini, dan kami pun mulai menyusun kerangka penelitian bersama. Sebagai langkah awal, Eval segera memulai proses pengumpulan data dengan penuh semangat.
Untuk membantu analisis data, saya menghubungi kolega saya, Dr. Siti Hajar Alias, yang memiliki keahlian dalam fuzzy logic. Beliau sebelumnya juga pernah meneliti di Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Dengan bantuan beliau, kami mengolah data dan mengintegrasikan pendekatan fuzzy logic ke dalam penelitian Eval. Proses diskusi dan penulisan sering kali kami lakukan di kafe-kafe dekat kampus UM di Malang pada malam hari, menciptakan suasana kerja yang santai namun tetap produktif.
Proses penyusunan draf paper ini membutuhkan komitmen tinggi dari semua pihak yang terlibat. Eval menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam menyelesaikan setiap tahapan, mulai dari pengumpulan data hingga revisi draf. Proses ini juga memberikan saya banyak pembelajaran baru, terutama dalam hal administrasi akademik di UM yang saya jalani pada siang harinya. Kami semua terus berkolaborasi dengan tekun. Setelah melalui beberapa kali revisi, akhirnya kami berhasil menyelesaikan naskah dengan baik. Silakan unggah paper ini yang dipublikasikan di Qualitative Research Journal di bawah ini.