Inovasi, Aplikasi, dan Kontribusi Ilmiah: Perspektif dalam Menilai Tesis Doktoral Pendidikan Kimia

Hadi Nur, Departemen Kimia, Universitas Negeri Malang

1.0  Pendahuluan

Selama karir saya sebagai dosen, saya telah membimbing 36 mahasiswa program doktor dan berperan sebagai penguji serta penilai tesis doktoral dari mahasiswa di Malaysia, Indonesia, India, dan Kanada. Meskipun spesialisasi saya adalah dalam bidang kimia dan aplikasinya, pengalaman ini telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pandangan pribadi berdasarkan pengalaman yang saya peroleh setelah pindah ke Universitas Negeri Malang (UM) satu setengah tahun yang lalu. Saya berharap tulisan ini dapat menjadi titik awal untuk merefleksikan standar program Doktor dalam Pendidikan Kimia secara khusus dan pendidikan pada umumnya, berdasarkan pengalaman saya membaca dan mengevaluasi berbagai tesis dalam bidang pendidikan kimia di UM. Ini merupakan langkah penting dalam mengukuhkan UM sebagai universitas yang menjadi rujukan. Dunia akademis selalu menarik bagi saya, mulai dari eksplorasi dan integrasi hingga aplikasi dan pengajaran, termasuk penelitian akademis dan inovasi di dalamnya.

Dalam konteks penulisan tesis, kontribusi ilmiah yang signifikan adalah pusat untuk menilai pekerjaan akademis. Kemampuan berpikir kritis, familiarisasi mendalam dengan bidang akademik, dan kepatuhan terhadap pedoman etika penelitian adalah komponen penting yang mengevaluasi tesis doktoral. Saya tertarik pada pertanyaan kritis apakah mahasiswa dilengkapi dengan sarana yang diperlukan untuk mengejar penyelesaian tesis mereka secara efektif dan dengan peluang sukses yang tinggi.

Dalam perspektif pribadi ini, saya ingin menyoroti aspek inovasi, aplikasi, dan kontribusi ilmiah dalam penilaian tesis doktoral pendidikan kimia. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, saya berharap tesis yang dihasilkan menjawab tantangan dan peluang yang bertujuan untuk memecahkan masalah praktis sambil memenuhi kriteria kontribusi ilmiah.

2.0  Tesis Doktoral: Inovasi versus Aplikasi

Komentar bahwa tesis hanya menerapkan metode yang sudah ada tanpa mengatasi masalah pendidikan mendasar atau memberikan wawasan ilmiah baru adalah kritik yang sering muncul dalam diskusi akademis, dan penting untuk melihat kualitas tesis doktoral yang dihasilkan oleh institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Saya telah melihat 63 judul tesis doktoral dalam bidang pendidikan dari sebuah universitas di Indonesia (https://pps.unj.ac.id/judul-tesis-dan-disertasi/ yang diakses pada tanggal 26 Desember 2023) dan analisisnya dapat dijabarkan di sini. Berdasarkan analisis frekuensi kata kunci dari judul-judul tesis yang diberikan, saya dapat mengamati bahwa beberapa tema khusus sering muncul, menandakan fokus yang lebih luas dalam penelitian pendidikan. Kata “Pembelajaran” muncul sebanyak 10 kali, menunjukkan bahwa proses pembelajaran merupakan area utama dalam penelitian ini. Sementara itu, “Pengembangan” muncul 15 kali dan “Model” muncul 9 kali, menandakan adanya kecenderungan untuk mengembangkan dan menerapkan model-model yang sudah ada dalam konteks pendidikan yang berbeda.

Kata “Efek” yang muncul 14 kali menunjukkan adanya fokus pada penilaian dampak atau efektivitas dari berbagai intervensi atau program pendidikan. Ini menunjukkan bahwa penelitian tidak hanya berfokus pada penerapan tetapi juga pada pemahaman tentang bagaimana dan mengapa intervensi tertentu berhasil atau tidak.

Dari frekuensi kata “Siswa” yang muncul 8 kali, jelas bahwa subjek utama dari banyak penelitian ini adalah siswa, dengan berbagai studi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, pengalaman, dan kinerja mereka. Namun, meskipun ada beberapa penelitian yang berfokus pada “Pengembangan” dan “Model”, frekuensi kata-kata ini dibandingkan dengan “Pembelajaran” menunjukkan bahwa mungkin ada kecenderungan yang lebih besar untuk menerapkan dan mengevaluasi aplikasi praktis dari teori dan model yang sudah ada, daripada menciptakan inovasi atau model baru. Ini bisa menunjukkan bahwa dalam konteks ini, penelitian lebih condong ke arah mengoptimalkan dan memahami efektivitas praktik yang sudah mapan daripada mengeksplorasi wilayah baru yang belum dijamah. 

Kesimpulannya, analisis ini menunjukkan bahwa dalam kumpulan judul tesis ini, ada kecenderungan yang lebih besar untuk fokus pada aplikasi praktis dari pendekatan yang sudah ada daripada menciptakan inovasi atau teori baru. Ini menunjukkan pentingnya memahami dan meningkatkan praktik yang sudah ada dalam pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Banyak sarjana berpendapat bahwa riset berkualitas tinggi perlu menerapkan metode baru atau memanfaatkan metode yang sudah ada dan secara signifikan berkontribusi pada tubuh pengetahuan yang ada (Lê & Schmid, 2022). Ini menyoroti pentingnya mengevaluasi aspek inovasi dan aplikasi riset serta kontribusi ilmiahnya. Tinjauan literatur memainkan peran penting dalam menguraikan latar belakang penelitian dan memotivasi penelitian, sehingga mempengaruhi kualitas keseluruhan tesis. Selanjutnya, implementasi praktis hasil ilmiah dan validasi kontribusi tesis terhadap pengetahuan adalah aspek penting yang harus ditunjukkan dalam tesis doktoral. Oleh karena itu, calon doktor harus memastikan bahwa penelitian mereka juga perlu membawa perspektif baru dan berkontribusi untuk memajukan pengetahuan di bidang mereka. 

2.1  Peran Metode yang Sudah Ada dalam Kontribusi Tesis

Memastikan evaluasi menyeluruh terhadap pendekatan tesis dalam mengintegrasikan penelitian teoritis dan empiris adalah krusial. Publikasi terkini mengindikasikan perlunya lebih banyak studi dan penerapan praktis dari temuan ilmiah. Karena itu, tesis harus menjembatani kesenjangan ini dengan menunjukkan aplikasi praktis dari temuannya dan bagaimana hal tersebut relevan dalam konteks pendidikan kimia.

Dalam konteks pendidikan kimia, penting bagi tesis untuk mengeksplorasi studi kasus secara mendalam, membangun dari penelitian yang ada untuk memberikan kontribusi teoretis yang signifikan ke dalam bidang. Hal ini membutuhkan tinjauan literatur yang komprehensif yang tidak hanya menyoroti latar belakang dan motivasi penelitian tetapi juga mempengaruhi kualitas keseluruhan pekerjaan secara signifikan. Lebih lanjut, validasi dari kontribusi tesis terhadap pengetahuan adalah krusial dan harus termanifestasi dalam publikasi yang berasal dari proses penelitian doktoral.

Oleh karena itu, dalam mengevaluasi validitas tesis, sangat penting untuk menilai bagaimana pekerjaan tersebut melampaui penerapan metode yang sudah ada dengan mengatasi masalah pendidikan yang fundamental dan memberikan wawasan ilmiah baru. Evaluasi harus difokuskan pada seberapa jauh tesis menyajikan perspektif baru, mengimplementasikan hasil ilmiah secara praktis, dan berkontribusi pada kemajuan pengetahuan secara keseluruhan.

2.2  Pentingnya Tinjauan Literatur yang Komprehensif

Tinjauan literatur sangat penting dalam menilai kualitas dan dampak pekerjaan penelitian. Ini memberikan gambaran menyeluruh tentang studi yang ada dan menetapkan dasar untuk signifikansi dan relevansi penelitian. Para sarjana menekankan perlunya tinjauan literatur yang sangat baik yang melampaui sekadar ringkasan penelitian sebelumnya dan mengartikulasikan latar belakang penelitian dan motivasi.

Dalam konteks tesis, tinjauan literatur harus menjelajahi tubuh pengetahuan yang ada yang terkait dengan topik penelitian dan menjalin koneksi ke dialog yang lebih besar dalam literatur. Ini yang disebut sebagai tinjauan literatur yang kritis, tidak cukup hanya dengan tinjauan literatur sistematik.

2.3  Mengatasi Masalah Mendasar dalam Pendidikan Kimia

Dalam tesis doktoral, sangat penting untuk menangani masalah-masalah mendasar dalam pendidikan kimia dengan perspektif yang unik terhadap subjek tersebut. Eksplorasi studi kasus dan penerapan kerangka teori harus menyoroti implementasi praktis dari temuan penelitian serta relevansinya dalam konteks pendidikan kimia. Selain itu, tesis harus mempertimbangkan kebutuhan untuk melaksanakan pendidikan kimia yang lebih baik, mengidentifikasi informasi kritis dan relevan, serta mengevaluasi praktik pendidikan kimia saat ini. Pendekatan ini harus memperluas cakupan penelitian dan fokus pada pengembangan masa depan pendidikan kimia.

Selain itu, validasi kontribusi tesis terhadap pengetahuan harus ditekankan dalam mengeksplorasi hubungan positif antara teori dan praktik dalam pendidikan kimia. Ini memerlukan pendekatan penelitian jangka panjang untuk menyelidiki tingkat kematangan dalam mengadopsi dan menggunakan praktik pendidikan kimia secara strategis dan taktis. Ini yang dapat kita sebut sebagai isu saintifik dari penelitian dalam bidang pendidikan kimia. 

Tesis doktoral harus berusaha menjelaskan pendekatan yang paling efektif dan merinci langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola informasi secara akurat, mengurangi duplikasi data, dan menyinkronkan berbagai inisiatif dalam pendidikan kimia. Analisis menyeluruh terhadap masalah-masalah mendasar dalam pendidikan kimia dari sudut pandang disiplin ini akan menunjukkan kontribusi signifikan tesis terhadap pengetahuan.

Dengan menangani masalah-masalah mendasar ini dalam kerangka pendidikan kimia, tesis doktoral dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengetahuan yang ada dan mendukung kemajuan dalam bidang pendidikan kimia.

2.4  Kerangka Teoritis yang Tepat

Untuk mengatasi masalah mendasar dalam pendidikan kimia, mengembangkan kerangka teoritis yang dapat memandu penelitian ilmiah di bidang pendidikan kimia sangat penting. Metode penelitian yang tepat perlu diadopsi untuk memastikan tinjauan literatur yang  kritis dari makalah dan monograf yang relevan. Strategi ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka teoritis untuk aktivitas yang terkait dengan penelitian ilmiah di bidang pendidikan kimia. 

Kerangka teoritis adalah struktur konseptual yang digunakan dalam penelitian untuk mengartikulasikan dan menghubungkan konsep-konsep teoritis dengan metode penelitian, membantu dalam merumuskan hipotesis, mendefinisikan variabel, dan menentukan arah studi. Ini berfungsi sebagai fondasi yang mengintegrasikan teori dengan praktek, memastikan bahwa penelitian didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang literatur yang ada dan kontribusi terhadap pengetahuan baru.

Sebagai analogi, kerangka teoritis dapat dibayangkan sebagai cetakan arsitektur untuk membangun rumah. Dalam cetakan ini, setiap ruangan, pintu, dan jendela direpresentasikan dengan tujuan dan hubungan yang jelas, mirip dengan bagaimana kerangka teoritis menghubungkan dan mengatur konsep-konsep dan variabel dalam penelitian. Tanpa cetakan ini, konstruksi rumah mungkin tidak sistematis atau bahkan runtuh karena kurangnya perencanaan dan struktur. Demikian pula, tanpa kerangka teoritis yang kuat, penelitian bisa menjadi tidak terfokus dan tidak efektif, gagal untuk membangun secara sistematis pada pengetahuan yang ada atau memberikan wawasan baru yang berarti.

Kerangka teoritis ini bertujuan untuk mengatasi tidak hanya masalah pendidikan saat ini tetapi juga untuk memberikan wawasan ilmiah baru ke bidang pendidikan kimia. Ini akan menekankan implementasi praktis hasil ilmiah dan validasi kontribusinya terhadap pengetahuan. Selanjutnya, itu akan mengeksplorasi perspektif baru dan pendekatan inovatif untuk memajukan pendidikan kimia, sejalan dengan persyaratan untuk tesis berkualitas tinggi.

2.5  Ukuran Sampel dalam Penelitian Ilmiah

Dalam evaluasi tesis doktoral, satu area yang memerlukan perhatian kritis adalah ukuran sampel dalam penelitian. Pengabaian ukuran sampel merupakan masalah umum dalam banyak studi, di mana peneliti gagal mengakui bagaimana ukuran sampel yang tidak memadai dapat secara signifikan mempengaruhi keandalan dan validitas kesimpulan (Irwin & Huff, 1954). Kesalahan ini tidak hanya mengurangi kualitas penelitian tetapi juga dapat menyesatkan interpretasi dan aplikasi temuan. Dalam konteks ilmiah, di mana keakuratan dan ketelitian adalah kunci, penting bagi peneliti untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip statistik yang tepat, termasuk pertimbangan ukuran sampel yang memadai. Kritik ini menekankan perlunya pendidikan yang lebih baik dan kesadaran yang lebih besar tentang metodologi statistik dalam penelitian ilmiah, memastikan bahwa penelitian yang dihasilkan tidak hanya inovatif dan aplikatif tetapi juga secara metodologis suara dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, dalam menilai tesis doktoral, penting untuk mempertimbangkan sejauh mana peneliti telah mengatasi dan memperhitungkan potensi pengabaian ukuran sampel, sebagai bagian dari penilaian mereka terhadap kualitas dan kontribusi ilmiah keseluruhan.

3.0  Kontribusi Ilmiah Tesis Doktoral

Signifikansi kontribusi ilmiah dalam karya tesis doktoral terletak pada potensinya untuk memajukan bidang pendidikan kimia. Dengan mengatasi masalah mendasar dalam pendidikan kimia dalam kerangka pendidikan kimia, tesis dapat secara signifikan berkontribusi pada tubuh pengetahuan yang ada. Kontribusi ini tidak hanya memperkaya literatur akademik tetapi juga membuka jalan bagi inovasi dan aplikasi praktis yang dapat mempengaruhi pengajaran, pembelajaran, dan praktek industri.

Tinjauan literatur yang mendalam dan komprehensif sangat penting dalam menilai kualitas dan dampak pekerjaan penelitian. Dengan menyediakan gambaran menyeluruh tentang studi yang ada dan menjalin koneksi ke dialog yang lebih besar dalam literatur, tinjauan literatur menetapkan dasar untuk signifikansi dan relevansi penelitian. Ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi celah dalam pengetahuan yang ada, menghindari duplikasi pekerjaan, dan membangun pada temuan sebelumnya dengan cara yang inovatif dan bermakna.

3.1  Kompleksitas Pendidikan 

Dalam mengevaluasi kualitas pendidikan, khususnya dalam bidang penelitian pendidikan kimia, kompleksitas faktor yang saling terkait menuntut pendekatan holistik untuk mengungkap kontribusi ilmiah dalam memahami interaksi ini. Diskusi mengenai faktor-faktor seperti kualitas guru, kurikulum, rasio siswa-guru, lingkungan belajar, serta dukungan orang tua dan komunitas menjadi sangat penting dan seharusnya menjadi bagian integral dari tesis doktoral. Dengan menuliskan dan mendiskusikan aspek-aspek ini secara terperinci dalam tesis, kontribusi dari penelitian menjadi terlihat dengan jelas, memberikan wawasan baru dan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pengaruh faktor-faktor ini tidak sendirian tetapi bervariasi tergantung pada konteks ekonomi, budaya, dan kebijakan pendidikan dari masing-masing sistem pendidikan. Kualitas guru, yang mencakup kualifikasi, pengembangan profesional, pengalaman mengajar, dan keterampilan pedagogik, sering kali menjadi faktor kunci dalam pembelajaran siswa. Kurikulum yang relevan dan komprehensif, bersama dengan rasio siswa-guru yang optimal, memungkinkan instruksi yang lebih personalisasi dan manajemen kelas yang efektif. Lingkungan belajar yang kondusif, kepemimpinan sekolah yang efektif, serta keterlibatan orang tua dan komunitas, semuanya berkontribusi terhadap pengalaman belajar yang kaya dan mendukung.

Selain itu, faktor-faktor seperti status sosioekonomi siswa, sistem penilaian dan umpan balik, serta integrasi teknologi, mempengaruhi cara siswa belajar dan berkembang. Kebijakan dan pendanaan yang memadai juga sangat penting untuk mendukung semua aspek ini. Oleh karena itu, dalam konteks tesis doktoral, penting untuk menggali dan mendiskusikan faktor-faktor ini. Menuliskan ini tidak hanya akan memperkaya kualitas penelitian tetapi juga memperjelas kontribusi ilmiah dari penelitian tersebut terhadap praktik dan kebijakan pendidikan. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi yang akan secara efektif meningkatkan lingkungan belajar dan hasil pendidikan, serta menyoroti pentingnya penelitian dalam membentuk masa depan pendidikan.

3.2  Pengembangan Kerangka Teoritis

Pengembangan kerangka teoritis untuk pendidikan kimia sangat penting untuk memastikan ketepatan dan kesesuaian metodologi penelitian. Menggunakan metode penelitian yang menekankan tinjauan literatur kritis dari makalah dan monograf yang relevan. Pendekatan ini memungkinkan untuk tinjauan yang komprehensif dan sistematis dari literatur akademik yang ada, menyediakan dorongan teoritis yang diperlukan untuk karya ilmiah dan penyelidikan empiris masa depan dalam pendidikan kimia.

Selanjutnya, metode penelitian memungkinkan eksplorasi studi kasus dan pengembangan kerangka teoritis yang melampaui sekadar menerapkan metode yang sudah ada. Ini memungkinkan untuk mengidentifikasi masalah kritis dalam pendidikan kimia dan mengeksplorasi wawasan ilmiah baru, sejalan dengan persyaratan untuk tesis berkualitas tinggi. Dengan mengadopsi metodologi penelitian ini, tesis dapat membuat kontribusi pengetahuan yang asli dan bermakna untuk pendidikan kimia.

Kerangka teoritis yang dikembangkan untuk aktivitas yang terkait dengan pendidikan kimia harus menekankan implementasi praktis hasil ilmiah. Sangat penting untuk menunjukkan bagaimana temuan dapat diterapkan dalam praktik dan berkontribusi untuk mengelola informasi dan sumber daya secara efektif dalam pendidikan kimia. 

3.3  Ketepatan dan Kesesuaian Metodologi Penelitian

Pemilihan metode penelitian yang tepat, baik kuantitatif maupun kualitatif sangat penting dalam penelitian akademik karena memiliki dampak langsung terhadap relevansi, keandalan, dan signifikansi kontribusi dan kesimpulan yang dihasilkan. Penelitian kuantitatif, dengan fokusnya pada pengukuran numerik dan analisis statistik, sangat cocok untuk menguji hipotesis dan menentukan hubungan antar variabel dengan cara yang objektif dan terukur. Di sisi lain, penelitian kualitatif, seperti grounded theory, memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang fenomena melalui data deskriptif, memungkinkan interpretasi yang lebih kaya dan pemahaman kontekstual dari area studi.

Jika metode penelitian tidak dipilih atau diterapkan dengan tepat, ada risiko bahwa penelitian tidak akan mencapai kedalaman atau keakuratan yang diperlukan untuk membuat kontribusi yang signifikan. Misalnya, penelitian kuantitatif yang diterapkan pada masalah yang memerlukan pemahaman mendalam tentang konteks dan nuansa perilaku manusia mungkin tidak menangkap kompleksitas yang diperlukan, sementara penelitian kualitatif yang diterapkan pada masalah yang memerlukan pengukuran yang tepat dan objektif mungkin tidak memberikan hasil yang dapat diandalkan atau valid.

Dalam konteks pengembangan kerangka teoritis untuk pendidikan kimia, penting untuk memilih metode yang memungkinkan peneliti untuk tidak hanya memahami teori yang ada tetapi juga mengidentifikasi dan mengisi celah dalam pengetahuan. Pendekatan yang dipilih harus memungkinkan untuk analisis kritis literatur yang ada dan pengembangan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana teori dapat diterapkan dan diuji dalam praktik. Dengan demikian, baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif harus dianggap sebagai alat yang saling melengkapi, dengan pemilihan metode yang didasarkan pada pertanyaan penelitian spesifik, sifat data yang tersedia, dan tujuan keseluruhan dari studi tersebut. Ini akan memastikan bahwa tesis tidak hanya mencapai ketelitian akademis tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti dan signifikan terhadap bidang pendidikan kimia.

3.4  Memajukan Teori dan Praktik

Tujuan utama dari tesis ini bukan hanya untuk membuat kontribusi pengetahuan yang asli ke bidang pendidikan kimia, tetapi juga untuk secara kritis menantang dan memperluas batasan pengetahuan yang ada. Dengan menekankan eksplorasi studi kasus dan implementasi praktis hasil ilmiah, tesis ini tidak hanya bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, tetapi juga untuk mengkritisi dan memperbaiki kerangka kerja teoritis yang ada dengan bukti empiris yang kuat.

Kontribusi ilmiah dari tesis tidak hanya signifikan karena potensinya untuk memajukan pendidikan kimia, tetapi juga karena metodologi penelitian yang ketat dan kritis yang digunakan. Kontribusi ini akan divalidasi melalui publikasi peer-reviewed yang tidak hanya menyoroti implikasi praktis, tetapi juga menantang dan memperluas pemahaman teoritis saat ini. Ini menunjukkan komitmen tesis terhadap peningkatan berkelanjutan dalam pendidikan kimia melalui penyelidikan yang ketat dan reflektif.

Metodologi penelitian yang ketat dalam tesis ini bukan hanya penting untuk integritas akademis, tetapi juga sebagai sarana untuk mengeksplorasi dan menantang asumsi yang ada dalam pendidikan kimia. Pendekatan ini memastikan bahwa tesis tidak hanya berkontribusi pada tubuh pengetahuan yang ada, tetapi juga mendorong pemikiran kritis dan inovasi dalam implementasi praktis hasil ilmiah.

Pembenaran kontekstual dalam penelitian ini sangat penting, tidak hanya dalam menetapkan relevansi dan signifikansi studi, tetapi juga dalam menantang status quo pendidikan kimia. Melalui analisis kritis terhadap kesenjangan dan tantangan yang ada, tesis ini berusaha tidak hanya untuk mengidentifikasi masalah, tetapi juga untuk mengusulkan solusi inovatif dan berkelanjutan yang didorong oleh bukti dan refleksi kritis.

Dengan menyajikan kerangka teoritis yang komprehensif dan berbasis bukti, serta mengeksplorasi studi kasus yang relevan, tesis ini tidak hanya menyediakan solusi praktis untuk masalah saat ini dalam pendidikan kimia, tetapi juga menantang pembaca untuk memikirkan kembali dan memperbaiki praktik mereka berdasarkan temuan ini. Ini menunjukkan komitmen tesis terhadap perubahan positif dan berkelanjutan dalam pendidikan kimia.

Selanjutnya, dengan menggabungkan diskusi akademik yang ada dan mensintesis literatur yang relevan, tesis ini tidak hanya berkontribusi pada dialog akademik yang sedang berlangsung, tetapi juga menantang dan memperluasnya. Ini menunjukkan bagaimana pembenaran kontekstual dan pemahaman teoritis yang mendalam dapat mengarah pada rekomendasi praktis dan layak yang memiliki dampak nyata pada pendidikan kimia.

Intinya, pembenaran kontekstual dan metodologi kritis dalam penelitian ini menegaskan bukan hanya keselarasan studi dengan kebutuhan dan tantangan saat ini di bidang, tetapi juga komitmennya untuk memajukan diskursus akademik dan praktik dalam pendidikan kimia. Ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang reflektif dan kritis dalam penelitian akademik, yang tidak hanya mengakui tetapi juga menantang dan memperluas pemahaman kita tentang masalah pendidikan dalam konteks yang lebih luas.

4.0  Membaca Kritis dan Penilaian Kontribusi Tesis 

Membaca kritis dan evaluasi adalah esensial dalam menilai kontribusi tesis doktoral terhadap pengetahuan pendidikan, memfokuskan pada analisis mendalam, identifikasi kekuatan dan kelemahan, serta penilaian terhadap relevansi dan signifikansi karya. Proses ini menekankan pentingnya keaslian, kreativitas, dan relevansi penelitian dalam mengisi celah literatur dan memperluas pemahaman teoritis atau praktis. Evaluasi yang objektif dan konstruktif tidak hanya menilai kualitas tesis tetapi juga mendukung pengembangan akademis dan profesional penulis, memastikan bahwa tesis memberikan kontribusi yang berharga dan memenuhi standar akademis yang tinggi.

4.1  Menilai Dampak Tesis terhadap Praktik Pengajaran dan Pembelajaran

Dampak tesis terhadap praktik pengajaran dan pembelajaran merupakan aspek penting yang memerlukan evaluasi mendalam. Tujuan untuk meningkatkan bidang pendidikan kimia melalui penelitian ini menuntut penelaahan tentang bagaimana hasil penelitian dan kerangka teori dapat memperkaya praktik pengajaran dan pembelajaran dalam bidang tersebut.

Tesis dapat berpotensi memberikan kontribusi signifikan terhadap pendekatan pedagogis dan pengembangan kurikulum dengan menawarkan solusi praktis atas tantangan yang ada dalam pendidikan kimia. Kerangka teori yang dibangun dari penelitian akademik yang kokoh dapat menjadi panduan bagi pendidik dan pengelola dalam meningkatkan strategi pengajaran untuk mengimplementasikan kurikulum pendidikan kimia secara efektif.

Lebih lanjut, dengan mengeksplorasi studi kasus dan mengintegrasikan diskusi akademik yang ada dalam tesis, wawasan yang diperoleh dapat memberikan informasi berharga untuk metodologi instruksional dan memfasilitasi integrasi rekomendasi yang praktis dan aplikatif ke dalam praktik pengajaran. Kesesuaian ini dengan kebutuhan praktis institusi pendidikan menunjukkan dampak potensial tesis dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran.

4.2  Peran Tesis dalam Mengusulkan Kerangka untuk Penelitian Masa Depan

Kerangka untuk penelitian masa depan tidak boleh diremehkan. Penelitian pendidikan kimia bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pendidikan kimia, secara inheren menetapkan panggung untuk eksplorasi ilmiah dan penyelidikan empiris lebih lanjut.

Tesis memicu upaya penelitian masa depan dengan meletakkan dasar untuk pemahaman yang komprehensif tentang landasan teoritis dan implikasi praktis dari bidang tersebut. Tinjauan literatur kritisnya, yang mengambil dari studi yang dikenal dengan baik dan debat akademik, tidak hanya menambah tubuh pengetahuan yang ada tetapi juga menguraikan arah potensial untuk penelitian lebih lanjut.

Dengan mengusulkan kerangka teoritis yang didukung oleh penelitian akademik, ini membuka jalan bagi peneliti masa depan untuk menyelami lebih dalam kompleksitas pendidikan kimia dan  dalam ranah pendidikan kimia. Mengidentifikasi kesenjangan dan tantangan melalui pembenaran kontekstual dan solusi praktis yang disajikan menekankan peran tesis dalam menginspirasi dan membimbing inisiatif penelitian masa depan. 

Kesimpulannya, peran penting dari tesis doktoral dalam mengusulkan kerangka kerja untuk penelitian masa depan terletak pada kemampuannya untuk menginformasikan dan menginspirasi upaya ilmiah selanjutnya, mendorong kemajuan dan inovasi yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan kimia. Hal ini menegaskan bahwa sifat dari penelitian ilmiah yang baik adalah berpengaruh untuk penelitian selanjutnya, tidak berhenti sampai disitu.

4.3  Pembenaran Kontekstual dalam Penelitian Akademik

Pembenaran kontekstual sangat penting dalam penelitian akademik untuk memastikan studi mengatasi masalah kritis dalam bidang yang relevan dan memberikan kontribusi substansial terhadap basis pengetahuan yang ada. Dalam pendidikan, signifikansi tesis doktoral harus dibenarkan dalam pendidikan kimia. Ini melibatkan mengartikulasikan dengan jelas bagaimana penelitian mengisi kesenjangan pengetahuan yang ada dan memberikan wawasan bermakna yang dapat menginformasikan proses pengambilan keputusan di bidang pendidikan kimia. Tesis dapat menegaskan relevansi dan kontribusi ilmiahnya kepada komunitas akademik dengan menyediakan pembenaran kontekstual yang menyeluruh.

5.0  Kualitas Tesis Doktoral

Kualitas tesis doktoral dalam penelitian akademik esensialnya terukur dari kemampuannya menghasilkan pengetahuan baru dan menyajikan perspektif inovatif. Pentingnya tesis dalam penelitian akademik terletak pada kontribusinya dalam memajukan pengetahuan di bidang tertentu, dengan tujuan menyediakan wawasan berharga dan solusi praktis, terutama dalam tantangan yang dihadapi oleh pendidikan kimia. Namun, seringkali kualitas disertasi doktor dalam Pendidikan Kimia terhambat oleh kurangnya inovasi, aplikasi yang tidak signifikan, dan kontribusi ilmiah yang minimal. Faktor-faktor ini, seperti fokus berlebih pada teori yang ada, kurangnya sumber daya, atau bimbingan yang tidak memadai, menghasilkan penelitian yang repetitif dan tidak memberikan solusi atau wawasan baru yang berarti. Aplikasi teori yang minim dan tidak signifikan juga menunjukkan kurangnya pemahaman mendalam atau keterampilan aplikatif, sehingga mengurangi dampak dan relevansi penelitian.

Untuk mengatasi masalah ini, tesis harus berfokus pada metode penelitian yang mengandalkan tinjauan literatur yang kritis, mengeksplorasi kompleksitas bidang dengan menyajikan kerangka teoritis yang kokoh dan berakar pada literatur akademik yang relevan. Pendekatan ini harus memenuhi standar ilmiah untuk penelitian yang komprehensif dan menganggap tesis sebagai kontribusi penting dalam bidang pendidikan kimia. Penekanan pada studi kasus dan aplikasi praktis dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik, memberikan nilai tambah pada diskusi akademik dan praktis dalam pendidikan kimia.

Secara keseluruhan, nilai dari penelitian akademik terletak pada kemampuannya untuk memperkaya korpus pengetahuan yang ada, menyediakan rekomendasi praktis, dan memajukan pemahaman tentang pendidikan kimia. Tesis yang kuat harus mengakui pentingnya pembenaran kontekstual dan menegaskan kebutuhan akan penelitian akademik yang mendalam, yang tidak hanya mengatasi tantangan nyata tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam memajukan bidang tersebut. Dengan demikian, peningkatan kualitas disertasi doktoral tidak hanya menguntungkan individu peneliti tetapi juga memperkaya keseluruhan bidang pendidikan kimia.

6.0  Rekomendasi

Untuk meningkatkan kualitas program pendidikan doktor di bidang pendidikan kimia, terdapat serangkaian langkah strategis yang perlu diperhatikan secara serius. (1) Integrasi inovasi dan aplikasi praktis: Mahasiswa harus didorong untuk mengintegrasikan inovasi dalam penelitian mereka dan menerapkan hasil penelitian dalam konteks praktis, sehingga penelitian tidak hanya berhenti pada teori tetapi juga memberikan solusi praktis. (2) Tinjauan literatur yang komprehensif dan kritis: Mahasiswa diharapkan melakukan tinjauan literatur yang mendalam dan komprehensif untuk membangun pemahaman yang kuat tentang teori dan penelitian yang ada, sehingga dapat mengidentifikasi celah pengetahuan yang masih terbuka. (3) Metodologi yang tepat: Pemilihan dan penerapan metodologi penelitian yang tepat dan sesuai dengan pertanyaan penelitian merupakan hal krusial untuk memastikan validitas dan reliabilitas hasil penelitian. (4) Pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis: Mahasiswa harus terus menerus didorong untuk mengasah keterampilan berpikir kritis dan analitis, yang merupakan pondasi penting dalam melakukan penelitian ilmiah. (5) Pendekatan interdisipliner: Adopsi pendekatan interdisipliner dalam penelitian sangat dianjurkan untuk memperkaya perspektif dan meningkatkan kualitas penelitian. (6) Kolaborasi antar-disiplin: Kolaborasi antar-disiplin perlu ditingkatkan untuk memperluas dampak dan meningkatkan validitas penelitian. (7) Evaluasi berbasis kompetensi: Evaluasi tesis harus berfokus pada pengembangan kompetensi profesional dan akademik mahasiswa, mencakup pengetahuan spesifik, keterampilan, dan sikap. (8) Pemanfaatan teknologi dan alat digital: Penggunaan teknologi dan alat digital dalam penelitian harus ditingkatkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penelitian. (9) Pendorong kreativitas dan inovasi: Lingkungan akademik yang mendukung kreativitas dan inovasi sangat penting untuk mendorong mahasiswa mengambil risiko intelektual dan mengeksplorasi ide-ide baru. (10) Lingkungan Akademik yang mendukung: Pembangunan lingkungan akademik yang mendukung merupakan kunci untuk membantu mahasiswa berkembang sebagai peneliti dan profesional yang kompeten. Implementasi dari langkah-langkah ini diharapkan dapat memajukan pengetahuan, mendorong inovasi, dan mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin dan kontributor yang signifikan dalam bidang pendidikan kimia.

Referensi

Lê, J. K., & Schmid, T. (2022). The Practice of Innovating Research Methods. Organizational Research Methods, 25(2), 308-336. https://doi.org/10.1177/1094428120935498

J O., & Huff, D. (1954). How to Lie with Statistics. Journal of the Royal Statistical Society, 117(4), 496-496. https://doi.org/10.2307/2342700