Didik muridmu menjadi orang yang merdeka

Selama 20 tahun karier saya sebagai dosen, saya telah membimbing 34 mahasiswa Ph.D. dan 5 postdoc. Sebagai seorang dosen, saya banyak belajar dari pengalaman mereka dalam menyelesaikan Ph.D. mereka. Beberapa dari mereka lambat untuk menyelesaikan Ph.D. karena ada masalah keluarga dan keuangan. Saya harus bersabar dan perlu menyusun strategi supaya mereka bisa lulus.

Saya menyadari bahwa karakter setiap mahasiswa yang dibimbing tidak sama. Mereka individu yang unik. Mereka berbeda karena mereka berasal dari latar belakang yang berbeda. Kita terkadang lupa, bahwa kita perlu menghargai keunikan individu, berusaha menggali kepribadian individu tersebut agar bisa berprestasi. Kita perlu menciptakan lingkungan yang mempromosikan nilai keunikan pribadi, rasa hormat, kejujuran, kemandirian, keterlibatan, dan harapan.

Terkadang, hanya karena untuk menghasilkan angka-angka, seperti impact factor, h-index, naik pangkat sebagainya, yang hanya bersifat jangka pendek, kita mengorbankan tujuan jangka panjang dan mulia dalam mendidik orang, hanya untuk kesuksesan semu. Mahasiswa perlu dididik untuk mandiri, kreatif, mampu berpikir sendiri, dan memiliki integritas moral yang tinggi.

Merdeka belajar itu penting!