MJFAS

MJFAS memperoleh faktor dampaknya untuk pertama kalinya pada tahun 2023 dalam Journal Citation Reports (JCR).

Ada sebuah perjalanan waktu, sebuah rentang yang tak terasa telah mencapai 18 tahun, di mana saya dan Malaysian Journal of Fundamental and Applied Sciences (MJFAS) telah bersama. Seperti bayang-bayang yang tak pernah lepas, kenangan itu mengalir kembali: suatu hari di tahun 2005, saya mengusulkan kepada Prof. Halimaton Hamdan, Direktur Ibnu Sina Institute for Fundamental Science Studies (IIS), bahwa IIS harus memiliki sebuah jurnal, yang kemudian diberi nama Journal of Fundamental Sciences (JFS).

Mulailah saya merajut mimpi itu menjadi kenyataan, dimana saya merancang situs web hingga sampul jurnal sendirian. Dan ketika itu, pada tahun 2007, JFS adalah jurnal pertama di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang menggunakan Open Journal System (OJS). Terima kasih kepada Pn. Zarina Junet yang telah menjadikan JFS online.

Kemudian, JFS bertransformasi menjadi Malaysian Journal of Fundamental and Applied Sciences (MJFAS). Sebuah nama yang mungkin berbeda, namun esensinya tetap sama. Tercatat MJFAS berhasil meraih CREAM Award 2018 dari Kementerian Pendidikan Malaysia dan berhasil terindeks Scopus pada tahun 2021 dan Web of Science (WOS) beberapa tahun sebelumnya. Namun lebih dari itu, MJFAS adalah sebuah cerita, sebuah kenangan, dan merupakan bagian dari diri saya. Meski langkah saya kini terbawa angin berpindah ke Universitas Negeri Malang (UM), MJFAS tetaplah bayangan yang menemani saya.

Mudah-mudahan, ke depannya, saya masih diberi kesempatan dan kekuatan untuk terus berkontribusi, untuk terus menulis, dan untuk terus bermain dengan jurnal. Karena bagi saya, jurnal bukan sekadar pekerjaan, namun ia adalah passion.